Balita di Aceh Utara Terpapar Corona, Aceh Jadi 38 Kasus



 Lhoksukon (Aceh Frame)--  Seorang Balita Mz 2 tahun warga Aceh Utara terjangkit virus Corona. Balita ini disebut  positif terinfeksi virus yang asal mula mewabah di Wuhan, Cina itu.

MZ diketahui merupakan pasien 7 setelah enam pasien sebelumnya  dirujuk ke RSUZA, Banda Aceh,  dari keterangan yng diperoleh MZ kini telah dibawa ke Banda Aceh bersama seorang pasien COVID yang sedang dirawat di RSU Cut Mutia, Lhokseumawe.


Dilansir dari media lokal di Aceh Utara, Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib selaku Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Aceh Utara, melalui Jubir Andree Prayuda, SSTP, MAP, membenarkan adanya seorang bayi terinfeksi virus Corona masih dalam satu keluarga pasien positif COVID.


“Seorang bayi MZ (2) keluar hasil PCR menjelang malam tadi, positif,” kata Andre yang juga Kabag Humas Pemkab Aceh Utara.


Oleh karena itu, total yang dirujuk ke RSUZA ada 9 orang tadi malam. “Seorang lagi merupakan pasien yang ada di RSU Cut Mutia Lhokseumawe, yang selama ini dirawat. Jadi total ada 9 orang,” katanya. 

Dijelaskan, mereka terdeteksi telah terpapar COVID-19 setelah diambil sampel swab dan dilakukan pemeriksaan PCR. “Hasil pemeriksaan PCR keluar hari ini, dan ke tujuh warga tersebut positif Covid-19,” demikian pungkas Andree.


 Pemerintah kembali memperbarui data kasus Covid-19 di Indonesia.Pengumuman disampaikan oleh juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB Jakarta pada Jumat (19/6/2020) sore.


Dilansir kompas.com Berdasarkan data dalam 24 jam terakhir hingga hari ini, Jumat pukul 12.00 WIB, jumlah kasus secara nasional masih bertambah sejak kasus pasien pertama terinfeksi virus corona diumumkan pada 2 Maret 2020.


Jumlah kasus positif dikonfirmasi berdasarkan pemeriksaan dengan metode polymerase chain reaction (PCR).


Berikut ini, jumlah kasus Covid-19 hingga hari ini untuk provinsi Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepri, Jambi, dan Bengkulu:


Aceh
Positif: 38
Sembuh: 20
Meninggal: 2

umut
Positif: 1.024
Sembuh: 250
Meninggal: 66


Sumbar
Positif: 700
Sembuh: 493
Meninggal: 30


Riau
Positif: 142
Sembuh: 114
Meninggal: 8


Kepri
Positif: 263
Sembuh: 170
Meninggal: 16


Jambi
Positif: 112
Sembuh: 45
Meninggal: 0


Bengkulu
Positif: 107
Sembuh: 68
Meninggal: 8