Lintas Lokop – Galus Putus


Jemabatan Amblas di jalan lintas Lokop dan Galus, Selasa 2/6. Foto Ist.

PEUREULAK (AF) —Jalan lintas  Lokop  kabupaten Aceh Timur  dengan Kabupaten Gayo Lues terputus akibat amblasnya jembatan didesa Tualang  Selasa 2/6. Putusnya jalan lintas provinsi itu diakibatkan faktor hujan lebat yang menguyur pedalaman Aceh Timur belakangan ini.

“Akibat di guyur hujan deras serta kurang nya perawatan jalan di sejumlah jembatan yang menghubungkan antara kabupaten gayo lues menuju ke kabupaten Aceh Timur arus lalu lintas terputus. Jembatan yang terletak kecamatan serbajadi desa lokop perbatasan antara desa Tualang  merupakan satu titik lintasan  alternatif yang  bisa dilewati,” ujar Kasim salahsatu warga.

Warga sangat berharap pemerintah segera memperbaiki jembatan tersebut sehingga akses lintas lokop dan galus kembali normal. “ Kita berharap instansi terkait secepatnya memperbaiki jalan. Kalau tidak perputataran ekonomi warga pedalaman ini akan terhambat,” katanya.

Kasim mengaku kondisi beberapa ruas  jalan yang menghubungkan  jalan dipedalaman Aceh timur dengan Blangkejeren sangat memprihatinkan, padahal saban tahunnya, pengerjaan proyek jalan dalam pembangunan. “ pemerintah harus benar – benar melihat kondisi jalan lokop. Lakukan perawatan yang maksimal jika ada titik yang sudah rusak. Jangan biarkan para rekanan bekerja asal jadi,” kata Syarif seraya berharap warga agar berhati- hati saat ingin melintas disana.

 

Informasi yang dihimpun Aceh Frame,  akibat jembatan dan jalan amblas diterjang luapan sungai Lokop mengakibatkan warga di sejumlah desa terkendala menuju Lokop, Ibukota Kecamatan Serbajadi, seperti masyarakat di Desa Tualang, Ujung Karang, Lelis dan Terujak. Hingga berita ini ditayang, belum ada upaya dari dinas terkait untuk memperbaiki jembatan. (501)