Ada Beasiswa Untuk Santri Aceh, Yok intip Syaratnya Disini



foto : ilustrasi.


Banda Aceh – Pemerintah Aceh melalui Baitul Mal Aceh (BMA) membuka pendaftaran dua jenis bantuan pendidikan, yaknib Bantuan Biaya Pendidikan bagi Santri Se-Aceh dan Program Ta’lim Hafiz 30 Juz untuk tahun 2021. Pendaftaran kedua beasiswa inib dilaksanakan secara online mulai tanggal 15-20 April 2021.


 Dalam keterangan resminya, Kamis 15/4  Kepala Sekretariat BMA, Rahmad Raden, mengatakan tujuan beasiswa tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan berbasis pesantren/dayah dan meringankan beban ekonomi bagi keluarga miskin dalam menyediakan kebutuhan pendidikan.


Selain itu, untuk menumbuhkan generasi penghafal Al-Qur’an yang paham terhadap ilmu agama Islam dan giat mengamalkannya serta memotivasi generasi muda Aceh untuk menjadi penghafal Al-Qur’an dan bersemangat belajar agama Islam.


“Untuk tahun ini sengaja dibuka secara online untuk memudahkan pendaftarannya dan juga status saat ini masih pandemi Covid-19, sehingga tidak terjadi kerumunan di kantor Baitul Mal Aceh,” ujar Rahmad.


Untuk Beasiswa Santri Se Aceh, kriterianya, antara lain ber-KTP dan KK Aceh, diutamakan dari keluarga miskin/yatim/duafa, aktif dan menetap di dayah/pesantren. 


Selain itu berusia maksimal 20 tahun (kelahiran tahun 2001), belum pernah menerima bantuan dari Baitul Mal Aceh dan berasal dari dayah/pesantren tipe A/A+.


Adapun syarat administrasinya surat aktif atau kartu tanda santri (KTS) yang masih berlaku, kartu keluarga, KTP orang tua/wali dan buku rekening Bank Aceh Syairh atas nama santri yang masih aktif (jika ada).


“Untuk registrasi, pendaftaran dan pengiriman berkas dilakukan secara online melalui link : http://bit.ly/beasiswaSANTRI2021,” jelas Rahmad Raden.


Sementara untuk Bantuan Pendidikan Program Ta’lim Hafiz 30 Juz, kriterianya adalah pelajar/santri asal aceh yang ber KTP dan KK Aceh, diutamakan berasal dari keluarga miskin/duafa/yatim dan telah menyelesaikan hafalan 30 juz. 


Selain itu terdaftar aktif di lembaga pendidikan yang menyelenggarakan Program Ta’lim dan mendapat rekomendasi dari pimpinan pesantren.

Adapun syarat administrasinya surat keterangan dari pimpinan pesantren/dayah/sekolah, ijazah/sertifikat syahadah 30 Juz, kartu keluarga, KTP/SIM/Passport dan buku rekening Bank Aceh Syariah yang masih aktif (jika ada).

“Untuk registrasi, pendaftaran dan pengiriman berkas dilakukan secara online melalui link: http://bit.ly/beasiswaTAKLIM2021,” ujar Rahmad Raden.


 Untuk informasi lebih lanjut terkait pelaksanaan kedua bantuan pendidikan tersebut dapat mengunjungi web resmi Baitul Mal Aceh di https://baitulmal.acehprov.go.id/.( Red)

Post a comment

0 Comments