Puluhan Mantan GAM Tuntas Ikut Pendidikan Kesetaraan

 




IDI  -- Puluhan  Kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dalam wilayah Kabupaten Aceh Timur telah tuntas mengikuti program  Pendidikan Kesetaraan  jenjang Paket C tahun ajaran 2020/2021  di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM) Keluarga Mulia. 


Puluhan mantan gerilyawan  ini mengikuti pelaksanaan ujian secara Luar Jaringan (Luring) sejak 6 s/d  9 April 2021 yang diselenggarakan di SMPN 1 Pante Bidari.


"Mereka merupakan warga belajar kita yang selama ini menempuh pendidikan  dengan baik. Mayoritas sepak terjang mereka adalah eks Kombatan GAM," kata Kepala PKBM Keluarga Mulia Maulana Amri kepada Acehframe.com, Jum'at 9/4.

Program Kejar paket C sengaja didirikan untuk membantu pemerintah dalam menekan angka anak putus sekolah baik yang drop out dari sekolah reguler atau si anak yang memang sama sekali belum tersentuh dengan pendidikan.

" Kita siap membantu apapun latar belakang si warga belajar itu. Kita selalu berusaha membagi ilmu - ilmu yang dimiliki tutor ( guru) di lembaga," kata Pria asal Kecamatan Simpang Ulim ini.

Pendidikan kesetaraan kata Maulana lagi, banyak tantangan yang dihadapi, apalagi saat memberikan materi antara si tutor dengan siswa sangat perlu fsikologi yang matang.


" Kita harus menginginkan keinginan si warga belajar. Kita upayakan metode pembelajaran  sesantai mungkin agar mereka mudah menerima apapun yang kita sampaikan itu," imbuh Mahasiswa Pascasarjana IAIN Lhokseumawe ini.

Selain eks Kombatan  juga ada warga belajar yang terdaftar dengan riwayat pendidikan yang berbeda, mulai dari siswa yang sudah putus sekolah di formal, alumni dari Pondok pesantren, hingga masyarakat yang putus sekolah karena imbas konflik Aceh.



" Silahkan ajak warga disekitar dengan tujuan sama - sama  menuntaskan angka putus sekolah di Aceh. Sebagai Warga Negara Indonesia berhak mendapatkan pendidikan yang sama walaupun cara menempuhnya berbeda- beda," pungkas Maulana. (KAR)



Post a comment

0 Comments