Header Ads

  • Breaking News

    Rocky Ajak Masyarakat Garab Lahan Tidur

     


    Bupati Aceh Timur H. Hasballah Memperlihatkan bibit lokal Ubi  Sibereh, Selasa 24/8. Maulana  

    IDI -- Bupati Aceh Timur. H. Hasballah Bin H. M Thaib, SH mengajak masyarakat untuk menggarab  lahan tidur  dengan menanam berbagai tanaman hal ini di anggap penting dalam rangka mengenjot pertumbuhan  ekonomi, termasuk budidaya tanaman Ubi yang dinilai saat ini masih meningkat permintaannya ditingkat pasaran.

    “Secara pasar petani tidak boleh ragu dan takut. Ubi Aceh Timur saat ini sedang diminati dan permintaannya  antar lokal meningkat hingga Sumatera Utara. Makanya budidaya ubi  ini sangat potensial ,” imbuh bupati saat  melakukan penanaman  secara simbolis ubi kayu  bersama Pimpinan Bank Aceh  Teuku Firmansyah  dalam menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility ( CSR) diserahkan kepada kelompok Tani gampong Seuneubok Rambong, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur. Selasa 24 Agustus 2021.

     

    Bupati Aceh Timur. H. Hasballah Bin H. M Thaib, SH Program ini merupakan bantuan Corporate Social Responsibility ( CSR) milik PT  Aceh Syariah  Cabang IDI yang diserahkan kepada kelompok Tani, Gampong Seuneubok Rambong kecamatan Idi Rayeuk dan  Alue Lhok Kecamatan Idi Tunong

    Bupati  Aceh Timur menyambut baik program CSR ini, sebab ia menilai kegiatan itu dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi ditengah masyarakat di tengah pandemi.

     Ini merupakan program yang dapat membantu ketahanan pangan nasional  Di Aceh Timur  dapat terus stabil. Kita yakin hasil penanaman ubi ini dapat membantu  ekonomi  masyarakat dan kita berharap tidak ada lagi lahan tidur Di Aceh Timur” ucap Bupati Aceh Timur,

    Disinggung mengenai varietas ubi yang ditanam, Bupati Rocky merasa bangga pasalnya kabupaten Aceh Timur kini telah resmi memiliki varietas local  ubi kayu  yang diberinama sibereh. Varietas ini telah diakui oleh kementerian Pertanian  Di Pusat Perlindugan Varietas Tanaman Dan Perizinan Pertanian.

     

    “ Tentunya ini sebuah kebanggaan karena kita sudah miliki bibit local sendiri.  Selain kita pergunakan sendiri bibit ini juga sudah bias diperjual belikan untuk daerah lain,” pungkas bupati Rocky.

     

    Sementara itu  Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura,  Erwin Atlizar, S.Tp, M.SI menyebutkan bantuan CSR ini menyasar kepada 10 kelompok  tani dengan luas mencakup lahan lima hektar.

    “ Semua kelompok ini akan kita dampingi dari mulai pola tanam hingga panen dengan harapan para petani ini dapat hasil yang panen yang memuaskan,”

     

    Erwin menrincikan secara teknis pola tanam yang baik Tanaman yang baik dalam saktu hectare dengan jumlah bibit  10 ribu batang dengan jarak tanam  60 sampai 70 cm.

    “Jika produksi tanam bagus maka Diperkirakan dapat diperoleh hasil  30 hingga 40 ton  ubi kayu dalam per hektarnya,” imbuh Erwin seraya berharap seluruh kelompok tani dapat menjaga dan merawat bantuan yang telah diberikan ini. (Mau)

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad