Header Ads

  • Breaking News

    Aceh Timur Terima Opini WTP Ke 8 Kali Dari BPK RI

      


    Kepala BPK-RI Perwakilan Aceh Pemut Aryo Wibowo menyerahkan LHP untuk pemerintah Kabupaten Aceh Timur, Di Banda Aceh, 27/4. Maulana 



    Banda Aceh --  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Kedelapan  secara berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Aceh di Banda Aceh, Rabu 27 April 2022. 


    Aceh Timur menoreh  opini WTP setelah Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2021. 



    Penyerahan LHP Tahun 2021 untuk Pemerintah Aceh Timur ini diserahkan Kepala BPK-RI Perwakilan Aceh Pemut Aryo Wibowo dan diterima Bupati Aceh Timur H Hasballah HM.Thaib dan Ketua DPRK Aceh Timur Fattah Fikri.


    Dalam arahannya  Kepala BPK-RI Perwakilan Aceh Pemut Aryo Wibowo mengatakan, pemeriksaan atas LKPD merupakan bagian dari tugas konstitusional BPK. 


    Ini merujuk sesuai dengan pasal 17 UU No.15 tahun 2004 mengamanatkan kepada BPK untuk menyerahkan LHP dan LK tersebut  kepada lembaga perwakilan dan pimpinan entitas sesuai dengan tingkat kewenangan.


    Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan,  maka BPK memberika Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas LKPD tA 2021 kepada dua belas pemerintah Kabupaten - kota di Aceh, termasuk Aceh Timur. 



    "Maka dengan diberikan opini WTP ini tidak serta merta menjadi jaminan bahwa pengelolaan keuangan terbebas dari permasalahan. Maka kita berharap rekomendasi diberikan menjadi perhatian perbaikan kedepannya agar tidak bermasalah,"kata Aryo.



    Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM. Thaib usai acara  mengatakan dengan diserahkannya laporan hasil pemeriksaan merupakan petunjuk untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan menjadi lebih baik terkait pengelolaan keuangan Pemkab Aceh Timur dimasa yang akan datang. 



    “ Kami harap dengan semakin baiknya pengelolaan keuangan akan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan di Aceh Timur,” katanya.



    Perolehan Opini WTP dari BPK  merupakan berkat upaya dan kerja keras serta komitmen seluruh jajaran Pemkab Aceh Timur selama  ini.


    “Kami juga berharap BPK terus melakukan pembinaan terhadap kami, baik itu melalui koordinasi dan kerjasama untuk memberikan dorongan dan arahan kepada para pengelola keuangan dilingkungan Pemkab Aceh Timur,” demikian  tutup  Bupati yang akrab disapa Rocky.


    Untuk diketahui  Pemkab Aceh Timur dibawah kepemimpinan Bupati/Wakil Aceh Timur H Hasballah HM Thaib – Syahrul Syama’un telah meraih Opini WTP sejak 2014, 2015, 2016, 2017, 2018 , 2019 dan 2021


    Hadir juga Dalam kegiatan itu Sekretaris Daerah Aceh Timur,  Ir.Mahyuddin, M.Si, Kepala BPKD Irfan Kamal,Sekretaris DPRK Aceh Timur Zubir, MM dan Kepala Inspektorat Faisal.


    By : Maulana

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad